Competitor Analysis

Memahami dan sadar akan positioning website atau brand Anda tentu jadi hal yang penting sebelum melakukan analisa kompetitor. Tujuannya jelas, agar bisa melakukan analisa dengan tepat baik strategy maupun teknikal yang digunakan oleh kompetitor Anda. Team Seoseva pun akan melakukan analisa kompetitor secara mendalam, apa saja yang layak diterapkan di website maupun strategy kedepannya.

Menetapkan keunggulan atas para pesaing ini hanyalah bagian dari kesibukan sehari-hari, tetapi tanyakan pada diri Anda sendiri, sejauh mana Anda siap untuk mendapatkan keunggulan atas pesaing Anda?

Mengetahui apa yang mereka tawarkan tidak cukup.

Dengan munculnya perangkat lunak dan teknologi baru, pemasar, dan pemilik bisnis memiliki kemampuan untuk mengetahui lebih banyak tentang pesaing mereka daripada sebelumnya. Sangatlah penting untuk secara rutin melakukan analisis persaingan menyeluruh agar tetap selangkah lebih maju.

Mengapa Penting untuk Meneliti Pesaing

Penelitian kompetitif atau intelijen kompetitif adalah bidang penelitian strategis yang berspesialisasi dalam pengumpulan dan analisis informasi tentang perusahaan pesaing. Ini adalah taktik penting untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda dan jenis ancaman apa yang mereka hadirkan bagi kesejahteraan finansial Anda.

Cara Melakukan Analisis Kompetitif Anda

1. Identifikasi Sepuluh Pesaing Anda

Sekarang ini mungkin konyol untuk saya tanyakan, tetapi apakah Anda sudah mengidentifikasi sepuluh pesaing teratas perusahaan Anda?

Setiap perusahaan memiliki pesaing yang menakutkan yang tidak dapat mereka tahan, tidak peduli apa pun yang Anda lakukan, mereka selalu menggunakan ide-ide Anda dan mengambil pelanggan potensial Anda. Apakah Anda perusahaan lokal, nasional, atau internasional, mungkin ada seseorang di perusahaan Anda, khususnya tim penjualan dan pemasaran, yang dapat dengan cepat mengalahkan pesaing utama Anda serta apa yang membedakan mereka dari Anda.

Sebagai perusahaan nasional, Anda bersaing dengan kemungkinan ratusan, bahkan ribuan perusahaan mengejar grup yang sama dari lead berkualitas.

Jadi, mungkin Anda tidak tahu siapa pesaing Anda. Anda mungkin memiliki satu perusahaan yang bersaing dengan Anda, tetapi di luar mereka Anda bingung dan bingung.

Jika Anda memerlukan sedikit bantuan untuk mengidentifikasi pesaing Anda, Google adalah sumber yang bagus. Dengan hanya “Googling” jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan, sangat mungkin beberapa pesaing utama Anda akan muncul.

Cara hebat lainnya untuk mengetahui siapa pesaing utama Anda, adalah dengan menggunakan alat online seperti SEMr ush . SEMrush adalah perangkat lunak yang hebat untuk mengetahui peringkat perusahaan lain untuk kata kunci Anda dan bagaimana Anda menumpuknya. Gunakan tautan ini untuk mendapatkan uji coba gratis 30 hari khusus dan lihat bagaimana tumpukan Anda hingga ke pesaing Anda.

2. Menganalisa dan Bandingkan Konten Pesaing

Setelah mengidentifikasi pesaing, Anda dapat memulai analisis persaingan dan menggali sedikit lebih dalam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis konten apa yang mereka terbitkan.

Menganalisis konten mereka dapat membantu Anda menentukan peluang apa yang Anda miliki untuk mengungguli pesaing Anda.

Setelah Anda menemukan konten mereka, Anda dapat menentukan kualitasnya, dan yang paling penting Anda dapat melihat bagaimana membandingkannya dengan milik Anda. Pastikan Anda mencari seberapa sering mereka ngeblog, menambah, dan memperbarui konten baru, serta topik apa yang sering mereka diskusikan. Apakah mereka melakukan sesuatu yang bukan Anda?

Setelah Anda tahu jenis konten apa dan kualitas konten yang diterbitkan pesaing Anda, itu memberi Anda perspektif yang lebih baik tentang di mana Anda perlu melakukan lebih banyak upaya dan sumber daya.

Jika pesaing Anda secara konsisten menerbitkan studi kasus, ini bisa menjadi bagian dari alasan mengapa arahan kualitas Anda mengarah ke pesaing Anda.

Calon klien ingin tahu bagaimana rasanya bekerja dengan perusahaan Anda. Tidak hanya studi kasus yang penting, tetapi perhatikan juga blog mereka.

Jika pesaing Anda cenderung blog tiga kali seminggu dibandingkan dengan satu artikel Anda setiap dua minggu, itu akan bermanfaat bagi perusahaan Anda untuk mulai menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda dengan blogging lebih sering tentang topik yang relevan.

3. Lihatlah Integrasi Media Sosial mereka

Kehadiran perusahaan di media sosial menjadi semakin penting setiap hari dan setiap perusahaan memanfaatkan setiap platform secara berbeda. Jaringan media sosial adalah cara terbaik bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pengguna dan penggemar.

Selain itu situs-situs ini memungkinkan Anda untuk membagikan konten Anda.

Langkah selanjutnya dari analisis kompetitif Anda harus menentukan bagaimana pesaing Anda menggunakan media sosial dan mengintegrasikannya ke dalam pemasaran mereka.

Tidak hanya penting untuk melihat apakah pesaing Anda dapat ditemukan di platform media sosial, tetapi Anda juga ingin melihat seberapa efektif mereka menggunakan profil mereka.

Jenis informasi apa yang mereka posting? Apakah mereka pernah memposting? Apakah orang-orang mengikuti mereka? Apakah mereka memiliki foto sampul dan foto profil?

Ini semua adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika Anda memeriksa profil pesaing Anda. Hanya karena mereka memiliki profil tidak berarti mereka terus memperbarui halaman dan menambahkan konten baru.

Apakah pesaing Anda memiliki profil media sosial yang hebat? Jika ya, jangan klik halaman itu dengan cepat, belajarlah dari apa yang mereka lakukan. Adakah hal-hal yang dapat Anda manfaatkan dan ambil ide untuk membantu membangun kehadiran Anda?

Mungkin perusahaan bahkan mungkin bukan pesaing langsung, tetapi temukan perusahaan di industri Anda yang telah mapan dan kembangkan konten yang hebat, belajarlah dari influencer utama dalam industri Anda.

4. Identifikasi Area untuk Peningkatan

Setelah melakukan analisis kompetitif, Anda sekarang memiliki ide dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dilakukan pesaing Anda.

Ambil semua informasi yang Anda kumpulkan tentang masing-masing pesaing dan identifikasi bidang-bidang tertentu yang perlu diperbaiki. Setelah melihat pesaing Anda, Anda tidak dapat memberi tahu saya bahwa Anda tidak menemukan setidaknya satu hal yang perlu Anda tingkatkan.